Langsung ke konten utama

Cara Membuat Peta Garis di AutoCAD Berkontur dari Google Maps

Cara Membuat Peta Garis (CAD) Berkontur dari Google Maps / Earth
Assalaamu'alaikum wr wb..

Alhamdulillaah masih diberikan kesempatan untuk menulis di gubuk blog ini.

Beberapa hari yang lalu, sedang menggarap skripsi / tugas akhir tentang Perencanaan dan Perancangan Hotel Resort di Ciwidey Kabupaten Bandung, eh ternyata BAPPEDA Kab. Bandung tidak punya peta garis (CAD) yang sangat dibutuhkan itu.... kalaupun ada cuma Wilayah Soreang. 

Tidak putus harapan, akhirnya Saya muter2, browsing, dll, sempat download PETA KONTUR dari Satelit LANDSAT khusus daerah Kabupaten Bandung, tapi resolusi gambar yang rendah tidak memberikan keakuratan kontur pada lahan, dan sangat susah untuk syncing antara peta dari google earth dan peta kontur LANDSAT tersebut.

Akhirnya setelah ngulik2 lagi, eh Google Maps  punya peta KONTUR ! Waaaah !

Langsung saja deh Saya akan mengajarkan bagaimana membuat peta kontur CAD nya ok ! ;)

Ada beberapa langkah dalam pembuatan peta ini yang pada akhirnya akan menghasilkan output AutoCAD / CAD drawing yang skalatis dan siap dipakai untuk perencanaan dan perancangan tapak, yaitu :

  1. Pengambilan peta dari Google Maps (mode earth) dan mode kontur (mode terrain).
  2. Penyekalaan dari peta Google Maps (mode earth) dan mode kontur (mode terrain) di AutoCAD
  3. Penggambaran ulang peta Google Maps (mode earth) melalui AutoCAD
  4. Penambahan garis kontur
PERHATIAN !!! Pembuatan peta ini membutuhkan kesabaran, betapa tidak, Anda harus membuat manual notasi rumah, jalan, dan notasi yang lainnya ! Tapi jika Anda memang sangat membutuhkannya, APA BOLEH BUAT bukan ??!

1.  Pengambilan peta dari Google Maps (mode earth) dan mode kontur (mode terrain)

Masuklah ke google maps : http://maps.google.com/ namu Anda akan diarahkan ke alamat https://www.google.com/maps/preview (alamat google maps baru), tapi yang kita butuhkan adalah google maps yang mendukung mode terrain (medan).

- Klik maps klasik di menu setting (sebelah kanan atas).

Cara Membuat Peta Garis (CAD) Berkontur dari Google Maps / Earth

-  Cari wilayah/tapak yang Anda butuhkan, lalu pilih SATELIT untuk menampilkan peta dengan penampilan dari satelit

Cara Membuat Peta Garis (CAD) Berkontur dari Google Maps / Earth

-  Lalu tekan tombol PRT SCR (print screen) lalu paste di COREL atau PHOTOSHOP atau PAINT atau di Microsoft Picture Manager, tujuannya adalah untuk meng-crop gambar tersebut, dan SIMPAN.

-  Lalu langkah berikutnya adalah mengambil peta KONTUR pada wilayah / TAPAK yang Anda inginkan.  Anda tidak bisa langsung memilih mengklik mode kontur (MEDAN), entah kenapa tapi not availabe seperti di gambar di bawah ini :

Cara Membuat Peta Garis (CAD) Berkontur dari Google Maps / Earth

-  Satu2 nya cara agar bisa mengaktifkan fitur MEDAN / KONTUR adalah dengan kembali mengakses google maps (ulangi langkah dari awal), akan tetapi langsung mengaktifkan mode MEDAN (jangan search lokasi dahulu) lalu SEARCH lokasi. Dan Anda akan berhasil mendapatkan peta KONTUR dari Wilayah / TAPAK yang Anda inginkan !

2.  Penyekalaan dari peta Google Maps (mode earth) dan mode kontur (mode terrain) di AutoCAD

Penyekalaan dilakukan dengan menggunakan Google Earth. Download aplikasi Google Earth terlebih dahulu di http://earth.google.com , lalu install.

Kemudian search wilayah/tapak Anda, dan lakukan pengukuran.  This MAGIC's happen !

-  Buatlah pengukuran dengan penggaris seperti di gambar bawah ini :

Cara Membuat Peta Garis (CAD) Berkontur dari Google Maps / Earth

-  Kemudian save gambar dengan PRT SCR (print screen, seperti langkah di atas) atau dengan menekan tombol CTRL + ALT + S (save gambar).  

-  Setelah itu, paste-kan di AutoCAD (sembarang ukuran), dan ukur garis yang telah di buat di Google Earth tadi (panjang = 100,08) 

-  Lalu ukur garis (merah) yang dibuat dari google earth tadi di AutoCAD, dan bandingkan dengan yang ukuran sebenarnya di Google Earth (panjang = 100,08 meter), lihat gambar berikut :

Cara Membuat Peta Garis (CAD) Berkontur dari Google Maps / Earth

3.  Penggambaran ulang peta Google Maps (mode earth) melalui AutoCAD

Setelah penyekalaan di AutoCAD, maka langkah selanjutnya adalah penggambaran ulang peta.  Naah ini yang perlu Teman2 sekalian SABAR.  Soalnya lama

-  Gambar ulang notasi rumah dan jalan bisa langsung di AutoCAD atau di CorelDRAW.  Perlu Teman2 ketahui untuk di AutoCAD, agar penggambaran mudah, non-aktifkan POLAR (garis bantu agar membentuk sudut istimewa 0, 90, 180, dll) ini dimaksudkan agar ketika menggambar notasi rumah yang miring maka akan mudah.  Jangan lupa agar notasi rumah dibentuk dengan perintah POLYLINE / PL bukan LINE / L

Cara Membuat Peta Garis (CAD) Berkontur dari Google Maps / Earth


4.  Penambahan garis kontur

Jika Teman2 sudah melewati langkah 1-3, maka langkah selanjutnya adalah penambahan Garis Kontur. 

Trik nya mudah yaitu : peta Google Earth digabung dengan peta Kontur di Photoshop.  Kenapa harus Photoshop ? Karena nantinya Anda akan "mengepaskan" letak peta Google Earth dan Kontur dengan bantuan Layer Opacity (supaya kelihatan gituloh !).  Jika Anda berhasil maka akan tampak seperti berikut :

Cara Membuat Peta Garis (CAD) Berkontur dari Google Maps / Earth

-  TADAAAA !!!! Anda sudah berhasil ! Hasil akhir adalah sebagai berikut : 

Cara Membuat Peta Garis (CAD) Berkontur dari Google Maps / Earth

SELAMAT MENCOBA !! ^_^
 http://www.archmaxter.com/2013/07/cara-membuat-peta-garis-cad-berkontur.html#sthash.1qvTgqOx.dpuf

Postingan populer dari blog ini

Download Autodesk AutoCAD 2014 32 dan 64 bit [Full Keygen]

Software Information : Title :  Autodesk AutoCAD 2014 Full Keygen Gratis Date Released : 2013 Version : I.18.0.0 Category : Engineering Software Design Publisher: AutoDesk Format : RAR Size : 2.36 GB Download :  Click Here to Download Password :   aspirasisoft.us Informasi: Autodesk AutoCAD 2014 Full Keygen   merupakan software desainer untuk menggambar objek 2D dan 3D suatu objek, misalnya seperti gedung ataupun jembatan. Software ini sudah banyak digunakan oleh insiyur maupun arsitek terkenal. Software ini mempunyai fitur dan performa yang lebih baik dibandingkan software dari pembuat software lainnya dan sudah support untuk Windows 8. System requirements for AutoCAD 2014 Issue: This article provides the system requirements for AutoCAD 2014. Solution: Note:  AutoCAD 2014 is the final version of AutoCAD software that will be supported on the Microsoft® Windows® XP operating system.  For 32-bit AutoCAD 2014 Windows® 8 and Windows® 8.1 Standard, Enterprise, or

Download AutoCAD 2012 Full Version 32bit & 64bit + Crack Only

System Requirements 32Bit OS :Windows 7 Enterprise, Ultimate, Professional, or Home Premium; Windows Vista Enterprise, Business, Ultimate, or Home Premium (SP2 or later); Windows XP Professional or Home edition (SP3 or later) CPU : For Windows Vista or Windows 7: Intel Pentium 4 or AMD Athlon dual-core processor, 3.0 GHz or higher with SSE2 technology; For Windows XP: Intel Pentium 4 or AMD Athlon dual-core processor, 1.6 GHz or higher with SSE2 technology RAM : 2 GB HD : 2 GB free disk space for installation GPU : 1,024 x 768 display resolution with true color Microsoft Internet Explorer 7.0 or later . NET Framework version 4,0 System Requirements 64Bit OS :Windows 7 Enterprise, Ultimate, Professional, or Home Premium; Windows Vista Enterprise, Business, Ultimate, or Home Premium (SP2 or later); Windows XP Professional SP2 CPU : AMD Athlon 64 with SSE2 technology, AMD Opteron processor with SSE2 technology, Intel Xeon processor with Intel EM64T support and S

cara mengatasi dimensi tidak muncul pada autocad

Dimension style  adalah tool/perintah yang berfungsi untuk mengatur dan merubah elemen elemen yang ada dalam sebuah garis ukur (dimensi) sehingga memudahkan untuk dibaca dan dipahami agar tidak terjadi salah tafsir. Memanggil Dimension Style Control. 1.klik dimension pada menu bar kemudian pilih dimension style. 2.ketik _DIMSTYLE atau ( D ) pada kolom perintah. Setting elemen dimensi yang ada didalam dialog box Membuat Dimension Style Baru. Membuat nama style dimensi baru yang telah kita rubah dan sesuaikan dengan kebutuhan kita,sehingga apabila sewaktu waktu kita akan menggunakanya bisa langsung dipakai tanpa perlu settingan dari awal lagi. Sebelum kita membuat dimension style baru maka yang ada dalam dialog box yaitu ISO-25 dan Standard,dimana semua elemen dimensinya masih merupakan settingan awal dari AutoCAD ( default ) dan masih memerlukan setting ulang/modifikasi agar lebih mudah menggunakanya. Cara membuat Dimension style baru dalam autoCAD : K