Langsung ke konten utama

Cara Mengatur Cahaya Matahari di AutoCAD dengan Mudah

Apakah anda pernah merasa kesulitan mengatur lighting, terutama di AutoCAD? Atau mungkin pernah merasakan bahwa proses trial and error untuk memperoleh efek lighting yang bagus itu memakan waktu terlalu lama? Kita akan coba mempermudahnya pada tutorial rendering kedua ini. Kali ini kita akan melangkah sedikit lebih jauh dengan menyeting cahaya matahari. Sebelumnya anda sudah berlatih mengatur kamera. Kali ini kita mulai dari natural lighting atau sunlight.
Download file berikut untuk meneruskan tutorial ini. Atau tentu saja, anda dapat mengerjakan model anda sendiri.

Mematikan Material

Kalau kita merender dengan material akan memakan waktu cukup lama. Terutama jika kita punya banyak material transparan dan reflektif. Jadi kalau tujuannya masih untuk mendefenisikan lighting, maka lebih baik dimatikan saja lebih dulu. Toh, hasil ini memang belum final, yang penting kita dapat mendefenisikan lighting dengan cepat dan mudah.
Buka render tab, materials panel. Ubah materials/textures off.
material_off
Model yang saya gunakan terbilang sederhana. Kalau model anda punya beberapa jendela atau opening, anda dapat mengatur agar lighting datang dari sudut yang pas. Tujuan kita kali ini adalah mengatur agar cahaya matahari dari AutoCAD datang melalui jendela yang ada.
Matikan layer 3D-GLAZ-GLAS untuk menyembunyikan objek kaca. Jika model anda sangat-sangat kompleks, anda dapat mematikan layer beberapa objek detail yang tidak terlalu penting, yang tidak terlalu mempengaruhi lighting kita. Jika anda menggunakan komputer high end dan mengerjakan model sederhana, mungkin tidak akan terlalu terasa. Namun jika model cukup besar, apalagi kalau komputernya sudah agak bangkotan, rendering akan jauh lebih cepat. Ingat, ini hanya untuk testing, bukan untuk final render! Saya menyembunyikan furniture di tutorial ini. Anda boleh ikut melakukannya, boleh jg tidak.

Geographic Location

Selanjutnya kita akan mendefenisikan matahari dengan benar. Klik set location di tab sun & location.
set_location
AutoCAD akan mengeluarkan pop-up dan menanyakan bagaimana anda ingin lokasi tersebut didefenisikan. Kali ini, pilih saja enter location values. Anda dapat bereksperimen dengan metode lain kelak. Klik use map untuk memilih lokasi berdasarkan peta.
geographic_location
Pilih lokasi project anda dan klik OK sampai semua dialog tertutup.

Sky and Sun Properties

Sekarang kita akan mengaktifkan langit. Tanpa mengaktifkan langit, maka langit akan tampak hitam. Tentunya tidak bagus untuk rendering siang hari bukan? Ubah langit menjadi sky background and illumination.

sky_properties
Sekarang kita akan mengaktifkan matahari. Klik icon sun status.
sun_status
Pertama kali kita melaukan ini, AutoCAD akan memberikan beberapa pilihan. Pilih turn off default lighting. Default lighting itu jelek… no-no. Kita akan menggunakan natural light dari matahari. Setelah kita mengaktifkan default lighting, maka date and time slider akan aktif.
date_and_time_setting
Selanjutnya aktifkan bayangan. Ganti pengaturan dari no shadows ke full shadows.
shadows_setting
Seharusnya sekarang kita sudah bisa melihat bayangan matahari masuk ke dalam! Ubah jam dan tanggal jika perlu, sampai sesuai keinginan anda.
shadow_appearance

Menguji Lighting di Rendering

Kita akan melakukan pengujian terhadap lighting. Klik panah kecil di kanan bawah panel render untuk membuka palette advanced render settings.
advanced_render_setting
Di palette ini, ubah kualitas render menjadi medium. Lalu cari kategori indirect illumination. Klik bola lampu di sebelah indirect illumination untuk mengaktifkannya.
global_illumination
Indirect light memungkinkan kita melihat efek cahaya yang dipantulkan. Cobalah nanti anda bandingkan bagaimana hasilnya tanpa global illumination diaktifkan.
Cobalah render model tersebut.
initial_render
Hasil ini lumayan, meski belum bagus betul. Sekarang kita akan mengubah exposure lighting ini. Saya menambahkan brightness dan contrast agar efek cahaya tampak lebih menarik.
Klik adjust exposure untuk membuka dialog exposure.
adjust_render_exposure
Ubahlah brightness, contrast dan setting-setting lainnya sampai anda merasa efeknya cukup bagus. Preview akan diupdate segera setelah anda mengubah setting tersebut.
adjust_rendered_exposure_dialog
Sekarang coba lagi merender model tersebut. Jauh lebih baik bukan?
after_adjust_render_exposure
Nah, kalau anda tadi menyembunyikan objek-objek anda, coba tampilkan dan render sekali lagi!
lighting_final
Nah tantangan bagi anda: coba render model anda, boleh model ini atau model lain, dan upload agar dapat dilihat dan  dikomentari member lain. Anda boleh mempublishnya di blog anda, Flickr, Photobucket, foto album Facebook TentangCAD atau di mana saja yang dapat diakses orang!
Mudah saja bukan? Jangan lupa, kalau anda menyukai tutorial ini, bagikan link informasi ini ke teman-teman anda!

Postingan populer dari blog ini

Download Autodesk AutoCAD 2014 32 dan 64 bit [Full Keygen]

Software Information : Title :  Autodesk AutoCAD 2014 Full Keygen Gratis Date Released : 2013 Version : I.18.0.0 Category : Engineering Software Design Publisher: AutoDesk Format : RAR Size : 2.36 GB Download :  Click Here to Download Password :   aspirasisoft.us Informasi: Autodesk AutoCAD 2014 Full Keygen   merupakan software desainer untuk menggambar objek 2D dan 3D suatu objek, misalnya seperti gedung ataupun jembatan. Software ini sudah banyak digunakan oleh insiyur maupun arsitek terkenal. Software ini mempunyai fitur dan performa yang lebih baik dibandingkan software dari pembuat software lainnya dan sudah support untuk Windows 8. System requirements for AutoCAD 2014 Issue: This article provides the system requirements for AutoCAD 2014. Solution: Note:  AutoCAD 2014 is the final version of AutoCAD software that will be supported on the Microsoft® Windows® XP operating system.  For 32-bit AutoCAD 2014 Windows® 8 and Windows® 8.1 Standard, Enterprise, or

Download AutoCAD 2012 Full Version 32bit & 64bit + Crack Only

System Requirements 32Bit OS :Windows 7 Enterprise, Ultimate, Professional, or Home Premium; Windows Vista Enterprise, Business, Ultimate, or Home Premium (SP2 or later); Windows XP Professional or Home edition (SP3 or later) CPU : For Windows Vista or Windows 7: Intel Pentium 4 or AMD Athlon dual-core processor, 3.0 GHz or higher with SSE2 technology; For Windows XP: Intel Pentium 4 or AMD Athlon dual-core processor, 1.6 GHz or higher with SSE2 technology RAM : 2 GB HD : 2 GB free disk space for installation GPU : 1,024 x 768 display resolution with true color Microsoft Internet Explorer 7.0 or later . NET Framework version 4,0 System Requirements 64Bit OS :Windows 7 Enterprise, Ultimate, Professional, or Home Premium; Windows Vista Enterprise, Business, Ultimate, or Home Premium (SP2 or later); Windows XP Professional SP2 CPU : AMD Athlon 64 with SSE2 technology, AMD Opteron processor with SSE2 technology, Intel Xeon processor with Intel EM64T support and S

cara mengatasi dimensi tidak muncul pada autocad

Dimension style  adalah tool/perintah yang berfungsi untuk mengatur dan merubah elemen elemen yang ada dalam sebuah garis ukur (dimensi) sehingga memudahkan untuk dibaca dan dipahami agar tidak terjadi salah tafsir. Memanggil Dimension Style Control. 1.klik dimension pada menu bar kemudian pilih dimension style. 2.ketik _DIMSTYLE atau ( D ) pada kolom perintah. Setting elemen dimensi yang ada didalam dialog box Membuat Dimension Style Baru. Membuat nama style dimensi baru yang telah kita rubah dan sesuaikan dengan kebutuhan kita,sehingga apabila sewaktu waktu kita akan menggunakanya bisa langsung dipakai tanpa perlu settingan dari awal lagi. Sebelum kita membuat dimension style baru maka yang ada dalam dialog box yaitu ISO-25 dan Standard,dimana semua elemen dimensinya masih merupakan settingan awal dari AutoCAD ( default ) dan masih memerlukan setting ulang/modifikasi agar lebih mudah menggunakanya. Cara membuat Dimension style baru dalam autoCAD : K